Cara Menambah Memori Internal Android

By On Saturday, August 2nd, 2014 Categories : Tips dan Trik
Advertisement

Cara Menambah Memori Internal Android – Memiliki kapasitas memori internal yang terbatas sudah pasti bagi sebagian orang sangat menjengkelkan apalagi disaat momen-momen penting ternyata saat digunakan kita kehabisan memori dan akhirnya kita tidak dapat mengabadikan meomen tersebut. Belakangan ini dengan hadirnya era Smartphone sudah menghadirkan kapasitas memori yang lumayan rata-rata disetiap smartphone tersedia kapasitas memori sebesar 4 GB.

Nah supaya anda tidak mengalami hal diatas maka kami disini ingin berbagi sedikit tips bagaimana Cara Menambah Memori Internal Android sehingga anda dapat mengabadikan momen indah tanpa ada gangguan. Tips yang ingin kami informasikan disini adalah dengan menggunakan Aplikasi / Apk untuk menambah Memori Internal Handphone Android yang dinamakan dengan Aplikasi Link2SD, aplikasi ini secara umum bisa digunakan untuk semua Android namun jika cara dibawah ini tidak berhasil maka sudah bisa dipastikan androidnya tidak support dengan aplikasi ini.

Aplikasi / Apk untuk menambah Memori Internal Handphone Android

Persiapan yang harus disediakan :

  • Komputer atau Laptop
  • Software mini tool partition (download disini)
  • Memory SD Card Minimal 8GB class.(usahakan memori yang digunakan class 10 sehingga baik untuk memory internal karena memiliki tingkat kecepatn yang tinggi)
  • Aplikasi Link2sd (Download disini)
  • Android yang ingin ditambah harus sudah di Root (baca Cara Root Android dengan Mudah)

Hal yang harus diperhatikan :

  • Backup terlebih dahulu semua data di memori card karna saat melakukan cara ini semua data akan hilang

Pada prinsipnya applikasi untuk memperbesar internal memori android di Handphone ada 2 langkah yaitu partisi dan penambahan memori internal dengan aplikasi Link2SD.

I. Partisi

Partisi disini kita akan membagi memorinya menjadi 3 bagian yakni :
bagian 1 :  Type FAT 32 Primary (Untuk memory external)
bagian 2 :  Type EXT 4 Primary (Untuk memory tambahan internal)
bagian 3 :  Type Linux Swap Primary (Untuk menambah kapasitas memory RAM)

Ikuti langkah dibawah ini untuk melakukan partisi :

  1. Install software mini tool partition di PC /laptop anda
  2. Masukkan microSD ke PC/Laptop anda (menggunakan card reader)
  3. Jika microSD sudah terdeteksi di minitool partition, klik micro SD, klik kanan, pilih delete (Micro SD akan menjadi Unallocated dan data akan hilang)
  4. Kalau sudah lalu kita akan membuat partisi pertama dengan file system FAT 32 yang menjadi memory external kita jadi sesuaikan besar kapasitasnya, Isi nama label bebas sesuai keinginan kamu, pilih type primary dan file system FAT 32 kemudian OK.
  5. Setelah itu kita akan membuat partisi kedua dengan file system EXT 4 yang menjadi memory tambahan internal kita. Pilih di unallocated kemudian create partition. klik yes untuk melanjutkan.  Setting 1GB untuk EXT 4, tidak usah besar-besar karena akan sia-sia saja, Isi nama label (terserah anda) lalu pilih type primary dan file system ext 4 kemudian OK.
  6. Kemudian terakhir kita akan membuat partisi ke tiga dengan file system swap memory (untuk menambah kapasitas memori  RAM). Pilih di unallocated (sisa memory terakhir) kemudian create partition. Setelah notifikasi muncul klik yes untuk melanjutkan. Isi nama label (terserah anda) lalu pilih type primary dan file system Linux Swap  kemudian OK.
  7. Langkah pertama membagi SD Card menjadi 3 partisi selesai, kemudian pilih Apply (tunggu hingga proses semua selesai).

II. Aplikasi Link2SD

Dilangkah ini pastikan smartphone android kamu sudah diroot (silahkan baca disini Cara Root Android dengan Mudah )

  1. Masukan Micro SD ke perangkat android anda, Install apk Link2SD, kemudian jalankan aplikasinya dan pilih ext4
    setelah itu reboot / restart perangkat android anda.
    Cara Menambah Memori Internal Android
  2. Buka kembali aplikasi Link2SD pastikan apakah status memori anda sudah “mounted”, jika belum ulangi lagi  langkah diatas, Jika masih gagal coba ganti ext4 menjadi ext2 atau 3.
  3. Jika berhasil maka memori internal di smartphone android anda akan meningkat.

Note : Dengan aplikasi Link2SD anda juga bisa memindahkan aplikasi ke memori internal yang telah dibuat tadi sehingga memori internal asli jadi banyak sisa.

Demikian sobat informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Menambah Memori Internal Android dengan menggunakan Aplikasi Link2SD, semoga bermanfaat. Baca-baca juga mengenai Cara Membuka Situs Yang diblokir di Android disini.

Advertisement
Cara Menambah Memori Internal Android | admin | 4.5