Cara Menangani Ponsel yang Tercebur ke Dalam Air

By On Monday, September 8th, 2014 Categories : Tips dan Trik
Advertisement

Apakah benar, ketika ponsel kita tercebur ke dalam air, lalu kita langsung menghidupkannya maka akan semakin memperparah keadaan ponsel tersebut? Lalu bagaimana tindakan yang sebaiknya pertama kali dilakukan ketika ponsel tercebur air? Bagaimana cara menangani ponsel yang terjebur dalam air ?

Ya, dua pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sering dilontarkan para pengguna ponsel, terutama bagi mereka yang masih awam dan para pengguna ponsel baru. Untuk itu artikel ini sengaja dibuat khusus untuk menjawab masalah tersebut.

cara menangani ponsel terjebur dalam air

Jawaban untuk pertanyaan yang pertama adalah “Benar”. Memang saat ponsel tercebur, kita tentu khawatir apakah ponsel tersebut masih dapat menyala atau berfungsi. Umumnya, pemilik ponsel akan terburu-buru mengeringkan ponsel dengan cara yang singkat dan terkesan seadanya, lalu kemudian segera menghidupkan ponsel yang telah tercebur tadi. Mereka tidak tahu bahwa sirkuit yang basah dan kemudian dialiri listrik, akan menyebabkan korslet.

Sebenarnya, ketika ponsel tercebur ke air tawar, maka peluang ponsel tersebut untuk tetap dapat bekerja secara normal akan sangat besar. Tapi dengan catatan kita melakukan langkah-langkah yang benar, seperti:

  1. Lepas baterai dan pisahkan dari ponsel yang telah tercebur. Apabila baterai tidak bisa di lepas, segera matikan ponsel hingga benar-benar off.
  2. Gunakan tisu atau lap untuk mengeringkan ponsel sejauh yang bisa dijangkau. Hindari untuk memakai hairdryer, sebab angin dari hairdryer dapat memindahkan air yang ada di dalam ponsel semakin menjauh ke sela-sela.
  3. Memang bagian dalam ponsel masih basah, dibutuhkan kesabaran untuk menyimpan ponsel tersebut dan menunggu selang beberapa lama. Jika Anda memiliki dryer box, maka akan lebih baik, isi dengan silica gel (sachet yang biasanya terdapat pada kemasan makanan untuk menjaga agar makanan tetap renyah). Taruh ponsel di sana, lalu biarkan sampai beberapa hari. Kenapa memerlukan waktu berhari-hari? sebab ponsel belum cukup kering untuk dihidupkan.
  4. Akan tetapi jika tidak memiliki dry box atau silica gel, maka alternatifnya bisa menggunakan beras. Letakkan beras secukupnya ke dalam toples dan taruh ponsel di sana (dikubur). Kelembaban dan air di dalam ponsel akan diserap oleh beras. Biarkan ponsel di dalam wadah toples yang berisi beras tersebut sampai beberapa hari hingga 1 sampai 2 minggu.
  5. -Ketika dirasa cukup lama, cobalah untuk memasang dan menghidupkan ponsel tersebut. Jika sudah benar-benar kering dan tidak terjadi korsleting, maka kemungkinan ponsel akan hidup kembali. Tapi jika tidak, itu berarti Anda harus membawa ponsel tersebut ke service center.

Untuk ponsel yang tercebur ke air laut yang asin dan memiliki efek korosif, langkah penaganannya yang pertama adalah dengan mencabut baterai, lalu siram ponsel dengan air tawar, atau bahkan merendam ponsel tersebut di dalam air tawar, baru kemudian melakukan langkah-langkah pengeringan seperti yang telah disebutkan di atas. Apabila tidak ‘dinetralkan’ terlebih dahulu dengan menggunakan air tawar, umumnya ponsel akan rusak permanen karena korosif meskipun cuma dibiarkan satu malam.

Demikian informasi cara menangani ponsel yang tercebur dalam air. Baca juga artikel menarik lainnya tentang spesifikasi dan harga advan gaia. Siapa tahu Anda akan membeli hp model ini

Advertisement
Cara Menangani Ponsel yang Tercebur ke Dalam Air | admin | 4.5