Review Nokia Lumia 630, Spesifikasi Lengkap

By On Saturday, September 6th, 2014 Categories : Nokia
Advertisement

Sekian lama menanti, akhirnya Microsoft merilis Nokia Lumia 630 yang merupakan gadget perdana yang mengusung Windows Phone 8.1. Disamping pembaharuan OS, ponsel ini juga merupakan perangkat Windows Phone pertama yang mensupport dual SIM. Dengan back cover berwarna cerah, perangkat yang satu ini siap untuk menggoda konsumen tanah air dengan harga yang relatif terjangkau.

Sebagai smartphone yang disematkan OS baru, membaca review dari kami tentu saja menjadi hal yang penting jika Anda menginginkan untuk membeli smartphone bertenaga prosesor quad core ini.

Desain

Nokia Lumia 630 dibuat dengan kombinasi desain dari Nokia X dengan Nokia Asha. Dengan menggunakan material plastik matte, ponsel ini mengusung desain dengan angle yang lebih tajam serta dengan berat sekitar sepuluh gram lebih berat dibanding Nokia Lumia 520. Walaupun memiliki layar yang lebih lebar, ternyata Nokia Lumia 630 sedikit lebih tipis dari Lumia 520. Disisi lain, Nokia Lumia 630 juga satu sentimeter lebih panjang dan 3 milimeter lebih lebar dibandingkan 520.

nokia lumia 630 spsifikasi

Smartphone ini tersedia dalam lima pilihan warna cerah, yakni oranye, hitam, hijau, kuning dan putih. Tapi Anda juga dapat membeli back cover terpisah untuk aksesoris guna mendaptkan kesan yang berbeda. Untuk menghidupkan ponsel, Nokia menaruh tombol power di sebelah kanan yang bersebelahan dengan tombol volume.

Pada sisi atas, Anda akan melihat port audio. Sedangkan port micro USB bisa Anda temukan pada sisi bawah bodi. Anda akan melihat slot kartu micro SIM disebelah kiri yang menghadap ke luar dan ke dalam, dengan membuka back cover terlebih dahulu. Untuk SIM kedua yang menghadap ke luar, Anda bisa menyisipkan kartu SIM saat ponsel dalam keadaan hidup dan Lumia 630 akan melakukan restart otomatis jika kartu berhasil dimasukkan.

Hardware

Nokia Lumia 630 hadir dengan dukungan prosesor quad core Snapdragon 400 yang menyajikan kecepatan sampai 1,2GHz. Selain itu, dengan GPU Adreno 305 dan RAM 512MB yang ada pada ponsel ini, maka dipastikan akan siap untuk menjalankan beragam aplikasi diatas platform Windows Phone 8.1.

Sedangkan untuk kebutuhan penyimpanan, Nokia telah mempersiapkan 8GB internal memori yang menyisakan 4GB bagi pengguna. Dengan slot kartu memori eksternal, Anda juga bisa memperluas penyimpanannya sampai dengan kapasitas 64GB. Supaya ruang penyimpanan internal tidak cepat habis, Anda bisa memakai fitur Storage Sense untuk mengarahkan seluruh instalasi aplikasi ke microSD. Seluruh unduhan file, musik sampai podcast juga bisa diarahkan ke kartu microSD.

Untuk hasil pengujian, Nokia Lumia 630 berhasil mendapatkan nilai 12043 dari penggunaan Antutu Benchmark, sedangakan pengujian dengan menggunakan Pi Benchmark, perangkat ini mampu menyelesaikan perhitungan pi sampai sepuluh juta desimal digit dalam waktu 718 milidetik.

Kamera

Dengan sebutan ponsel low entry, Nokia Lumia 630 cuma dibekali dengan kamera 5 megapiksel di sisi belakang tanpa lampu flash. Sedangkan di bagian depan, ponsel ini tidak memiliki kamera. Antarmuka kamera milik Lumia 630 adalah Nokia Camera yang menyajikan settingan ISO, shutter speed, white balance, exposure, dan fokus. Resolusi 5 megapiksel yang dibawanya memiliki rasio 4:3, sedangkan untuk rasio 16:9 akan menampilkan gambar dengan resolusi 3,7 megapiksel.

kamera nokia lumia

Sama halnya dengan Lumia Windows Phone yang lain, Anda juga bisa menambahkan Nokia Lenses pada perangkat ini. Hasil jepretan kameranya pada kondisi cahaya terang akan menghasilkan reproduksi warna, kontras serta detail yang cukup mengesankan. Sedangkan untuk pengambilan gambar pada keadaan yang kurang cahaya, tidak adanya flash led jelas memberi efek pada hasil gambar yang sarat noise.

Lalu seperti apa soal video yang dihasilkan ponsel ini? Untuk merekam video dengan memakai resolusi 720p, video akan disave dalam format mp4 dengan ukuran sekitar 12MB. Perangkat ini sendiri mampu mengambil video dengan resolusi 720p ditambah adanya tiga pilihan kecepatan frame, yakni 24, 25 dan 30 frame perdetik. Secara tampilan, detail video smartphone ini tampak kurang dengan warna dan kontras yang cukup bagus walaupun tidak mempunyai fitur stabilizer.

Display

Walaupun dijual dengan harga terjangkau, Nokia telah memberikan layar Lumia 630 dengan lapisan Gorilla Glass generasi ketiga. Memakai layar selebar 4,5 inci, Lumia menyuguhkan 16 juta warna dengan resolusi FWVGA yang mempunyai kerapatan 218 piksel per inci.

Meskipun ponsel ini dihargai sekitar dua jutaan, tapi ternyata ia memiliki kontras yang bagus. Disamping itu performa ketika terpapar sinar matahari juga cukup mengesankan. Tak lupa, Nokia membenamkan settingan profil warna dan manual brigtness sebagai ganti tidak adanya autobrightness.

Settingan profil warna bisa membuat pengguna mengatur keseimbangan saturasi layar 630 serta warna. Untuk pengaturan brightness manualnya, pengguna bisa memilih level tinggi, sedang, atau rendah. Selain itu Anda juga bisa menentukan definisi ketiga pilihan level tersebut di pengaturan display.

Apabila Anda membandingkan pengaturan display Android dan Windows Phone 8.1 ini, maka Anda akan merasakan pengaturan Lumia 630 terlihat begitu panjang karena penempatan menu cuma pada satu halaman. Pengaturan brightness, project my screen, screen rotation, dan display diletakkan terpisah, sehingga akan menyulitkan saat ingin mengatur satu fungsi saja. Tapi tentu saja lama kelamaan kita akan semakin terbiasa.

Software

Datang dengan pembaharuan terbaru, Microsoft menampilkan tiga perubahan utama yang menjadi pembeda antara Lumia 630 dengan Lumia yang memakai OS terdahulu. Perubahan yang pertama adalah adanya tambahan kemampuan kustomisasi interface seperti merubah background wallpaper, menentukan jumlah tile, juga aksen warna yang disesuaikan dengan warna produk Lumia 630 yang dimiliki oleh pengguna.

Perubahan yang kedua yakni adanya action center yang menyajikan integrasi pemberitahuan dengan toggle setting pada sebuah notifikasi bar yang bisa ditampilkan dengan mengusap jari dari atas layar ke bawah. Selain itu Anda juga bisa tidak menghiraukan pemberitahuan yang masuk hanya dengan mengusapnya kesamping, sama halnya dengan notifikasi pada smartphone Android. Sementara fitur Quiet Hours Mode dapat Anda gunakan untuk mematikan seluruh pemberitahuan yang masuk pada jam tertentu atau ketika Anda sedang menghadiri acara tertentu yang ada pada kalender. Tidak jauh beda dengan fitur Do Not Disturb pada iPhone, Anda bisa membuat pengecualian penonaktifan pemberitahuan tersebut dari orang terdekat yang Anda daftarkan pada Inner Circle.

Perubahan yang terakhir dan yang bisa dibilang cukup menyita perhatian adalah instalasi aplikasi Windows Phone ke memori eksternal. Fitur Storage Sense yang berasal dari update Cyan Windows Phone 8.1 bisa digunakan untuk mengarahkan penyimpanan gambar dan unduhan file sampai aplikasi secara default ke kartu memori eksternal. Anda juga bisa merubah aplikasi yang sudah terinstall ke memori eksternal atau move2SD.

kelebihan nokia lumia 630

Selain perubahan yang telah disebutkan tadi, Anda juga dapat memakai fitur task manager hanya dengan menahan tombol back. Berbagai aplikasi yang sedang berjalan di background juga bisa Anda close dengan mudah. Fitur backup setting juga semakin lengkap dengan mencakup setting tema, setting aplikasi termasuk juga datanya sampai data password dengan history browsing Internet Explorer melalui sinkronisasi cloud Windows Live.

Multimedia

Soal hiburan, pemutar musik yang ada pada Lumia 630 tidak berbeda dengan yang dimiliki perangkat Lumia lain, pemutar musik tersebut memiliki kemampuan untuk membuat dan mengedit playlist. Lagu yang ada pada media penyimpanan akan dikategorikan berdasarkan album, artis, genre playlist, lagu, dan radio. Jika ingin mendengarkan siaran radio, Anda harus memasang headset terlebih dahulu yang sayangnya tidak diikut sertakan dalam paket penjualan. Selain itu, ternyata ternyata Nokia juga tidak menyertakan kabel data USB didalam paket penjualan. Tapi sebagai alternatifnya, Anda dapat mendengarkan musik secara streaming melalui aplikasi Nokia MixRadio.

Beralih ke soal video, Anda bisa memainkan video dengan codec XviD, DivX, MOV dan MP4 dan dengan resolusi maksimal 1080p. Sama halnya dengan perangkat windows phone sebelumnya, Lumia 630 juga tidak dapat memutar video MKV dan video yang memakai codec audio AC3.

Aplikasi Bawaan

Sebagai ponsel yang berada di kelas low entry, Lumia 630 memiliki dukungan penuh dari Microsoft dengan adanya berbagai aplikasi bawaan yang berfungsi untuk hiburan dan keperluan pekerjaan. Misalnya saja pada sektor hiburan, kini pengguna cukup terbantu dengan ditambahkannya kemampuan pembaharuan otomatis Windows Store. Disamping itu, dengan motion data, Lumia 630 akan merekam data lokasi dan pergerakan Anda untuk dipakai oleh berbagai aplikasi kesehatan seperti aplikasi bawaan Health and Fitness.

Untuk sektor pekerjaan, terdapat Office dan OneNote yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang melibatkan dokumen lengkap dengan sinkronisasi cloud ala Windows Live, OneDrive. Dengan fitur Project My Screen, Anda juga bisa menampilkan tampilan ponsel Anda ke perangkat lain seperti proyektor via Wi-Fi dengan memakai fitur standar industri Miracast. Sehingga Anda bisa melakukan presentasi lebih efisien tanpa membutuhkan kabel.

Kelebihan

Dual miro SIM On

Aplikasi dapat diinstal di memori eksternal

Windows Phone 8.1

Project My Screen

Kekurangan

Tanpa kabel USB

Tanpa kamera depan

Tanpa headset dalam paket penjualan

Kesimpulan

Nokia Lumia 630 siap untuk memberikan pengalaman baru kepada Anda dengan Cyan firmware yang disesaki berbagai fitur dan aplikasi yang canggih serta bermanfaat. Dengan perbaikan yang dibawa, sekarang Anda bisa nyaman memakai ponsel untuk keperluan kerja dan hiburan tanpa khawatir akan kehabisan baterai atau tersesat saat sedang bepergian.

Baca juga pembahasan menarik tentang harga dan spesifikasi lenovo S850. Infonya cukup lengkap untuk sekedar memenuhi informasi Anda

Advertisement
Review Nokia Lumia 630, Spesifikasi Lengkap | admin | 4.5