Spesifikasi IMO Miracle 2, Review Lengkap Baru

By On Monday, September 8th, 2014 Categories : IMO
Advertisement

Guna mengikuti produk seperti IMO Thunder, IMO Raptor dan IMO Discovery 2 yang dirilis tahun ini, IMO menampilkan penerus dari salah satu produk terbaiknya yang hampir setahun ini absen, yakni IMO Miracle. Melalui generasi teranyarnya, IMO jelas meningkatkan kemampuan di segala lini seperti kamera, hardware dan layar.

Desain

Berbeda dari pendahulunya, kali ini IMO Miracle 2 hadir dengan sudut lebih tajam, menyerupai bentukan Xperia Z. Dengan memakai desain seperti ini, maka tentu saja akan memberi kesan yang lebih berkelas dan elegan.

Backcover diciptakan dengan finishing doff yang memberikan kesan elegan serta sulit dikotori dengan bekas sidik jari pengguna. Masih membahas bagian belakang ponsel ini, terdapat lampu flash dan kamera, serta loudspeaker di sisi bawah. Disamping itu juga terdapat cetakan merk IMO serta nama Miracle yang tampak minimalis.

Micro USB dan port audio disejajarkan dibagian atas bodi ponsel, sementara itu tombol pengatur suara terpisah dengan tombol lock/power di bagian kanan dan kiri ponsel. Semua slot kartu, baik untuk kartu memori microSD maupun kedua kartu SIM diletakkan tersembunyi dibalik backcover bersama baterai yang dapat dipasang dan dilepas.

Secara general, ada 2 kata yang bisa dipakai untuk mendeskripsikan desain fisik dari IMO Miracle 2 ini, yakni elegan dan minimalis.

Spesifikasi IMO Miracle 2

Display

Peningkatan paling signifikan tampak pada sektor layar ponsel ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Luas layarnya semakin besar sebab panjang bentang diagonal layarnya berubah dari yang awalnya 4.5 inci menjadi 5.5 inci. Ini berarti pengguna mempunyai area layar yang lebih luas, ini termasuk hal yang penting bagi pengguna yang suka bermain game, memainkan video atau membaca artikel dari internet via ponsel.

Tidak hanya ukuran layar yang meningkat, tapi begitu juga dengan resolusinya yang berubah 4 kali lipat dari ukuran qHD (540 x 960 pixels) menjadi HD (720 pixels).

Layar IMO Miracle 2 juga cukup responsif terhadap sentuhan, baik itu pinch zooming atau pemakaian 2 jari untuk pengetikan cepat, atau untuk melakukan perpindahan antar menu.

Layar smartphone ini dapat secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahannya (brightness) dengan kadaan pencahayaan di sekitar ponsel, tapi tentu saja pengguna terlebih dahulu perlu untuk mengaktifkan auto brigthness dari menu setting.

Sistem Operasi dan UI

Yang disayangkan, di bagian software IMO Miracle 2 masih sama dari pendahulunya. Yakni memakai Jellybean atau Android versi 4.2. Selain itu juga tidak terdapat pilihan widget lockscreen pada perangkat ini.

Bisa dilihat dari bentuk fisiknya, menu tampilan Android di IMO Miracle 2 terlihat minimalis dan tidak banyak yang dimodifikasi oleh IMO.

harga IMO Miracle 2

Secara default, homescreen cuma menampilkan single panel, tapi jika pengguna menginginkan perubahan, mereka dapat menambahkan sampai maksimal 9 buah panel. Pengguna dapat memulainya dengan melakukan pinch zoom di tampilan homescreen.

Tidak cuma pada homescreen, di bagian app drawer pengguna juga dapat membuat folder untuk menyatukan beberapa aplikasi supaya lebih terlihat rapih.

Walau tidak menyediakan tombol kapasitif khusus recent apps di bagian bawah layar, tapi pengguna tetap dapat mengakses menu recent apps dengan cara menahan tombol home, sedangkan Google Now dapat di akses dengan melakukan sentuhan pada Google search bar yang terletak pada panel homescreen secara default.

Fitur Unggulan

Fitur BBM yang sekarang tidak dikhususkan bagi pengguna BlackBerry saja dimanfaatkan IMO dengan menyisipkan aplikasi chatting ini ke dalam daftar aplikasi bawaan IMO Miracle 2. Jadi pengguna tidak perlu repot untuk menginstalnya dari Play Store.

Disamping itu pengguna juga dapat lebih mudah untuk mendapatkan pembaharuan berita terkini atau menemukan solusi atas permasalahan mengenai Android dengan menginstall aplikasi Android Indonesia. Tidak ketinggalan IMO juga menyajikan toko aplikasi digital alternatif yaitu IMO Store.

Hardware dan Benchmark

Masih memakai chipset buatan Media Tek. Kali ini IMO menggunakan seri MTK6582 yang lebih anyar untuk mengganti MTK659 pada IMO Miracle terdahulu. Peningkatan juga terlihat (walaupun tidak signifikan) dari pemakaian prosesor yang awalnya 1,2GHz menjadi 1,3GHZ. Keduanya sama-sama menggunakan quadcore (4 inti prosesor). Soal kapasitas RAM, tidak terdapat perubahan dari IMO Miracle seri terdahulu.

Disamping pada prosesor yang berhubungan langsung pada peningkatan performa, kini IMO juga menambah ruang memori penyimpanan internal hingga 2 kali lipat. Tapi penyimpanan internal yang sekarang (8GB) masih bisa dibilang kecil, terutama untuk pengguna yang mempunyai hobi memotret dengan ponsel atau pengguna yang gemar menyimpan banyak file video dan musik ke dalam ponselnya.

Dari 8GB jumlah penyimpanan internal, sistem telah membaginya menjadi 2 partisi yaitu phone storage dan internal, masing-masing memiliki ruang kosong sebesar 4,3GB dan 1,2GB. Selebihnya telah terpakai oleh aplikasi bawaan Miracle 2 dan sistem Android.

Konektifitas

IMO tetap mempertahankan kemampuan dual SIM pada Miracle seri terbaru ini. Jadi pengguna dapat mengaktifkan 2 jaringan operator secara bersamaan tapi dengan bentukan yang berbeda, yakni SIM pertama memakai microSIM dan SIM lainnya memakai mini SIM (ukuran normal).

Untuk opsi konektifitas, perangkat ini diisi dengan fitur koneksi yang terbilang lumayan lengkap. Misalnya sambungan data operator IMO Miracle 2 yang sudah bisa dipakai untuk berjalan pada jalur data 3G, sementara ketika diperlukan pengguna juga dapat memakai wifi untuk tersambung ke jaringan.

Soal internet, smartphone ini cuma memakai browser default Android, berbeda dengan ponsel lain yang umumnya menyematkan browser chrome dan Android sekaligus.

Disamping sebagai “pintu” untuk menyambungkan perangkat ini ke komputer atau charger, port microUSB IMO Miracle 2 juga dapat difungsikan sebagai media untuk menyambungkan ponsel dengan flash disk lewat fitur OTG yang telah didukungnya. Tapi pengguna harus menggunakan kabel USB OTG yang tidak disediakan pada paket penjualannya.

Kamera

Improvisasi juga bisa dirasakan pada kamera ponsel ini. Resolusi maksimal hasil tangkapan kamera dirubah dari yang awalnya 8 MP kini menjadi 13MP.

Terdapat 2 rasio gambar yang dapat digunakan lewat menu setting kamera pada pilihan preview size yakni standard (4:3) dan fullscreen (16:9). Apabila pengguna lebih memilih rasio fullscreen atau yang biasanya disebut widescreen, maka pengguna cuma bisa memilih ukuran resolusi 6MP, 4MP dan 1MP, sementara apabila ingin memakai resolusi maksimal yang dimiliki yakni 13MP, maka pengguna perlu memilih ratio standard. Selain 13MP, pada rasio standard terdapat 9 pilihan ukuran resolusi, mulai dari 12MP sampai QVGA.

Kamera IMO Miracle 2 juga menyediakan 9 pilihan mode utama yaitu normal, multi angle, beauty face, exposure compensation, best shot, auto scene, HDR, smile shot dan panorama.

Juga terdapat fitur continious shoot yang dapat berfungsi untuk mengambil gambar sampai 99 kali secara berurutan dan cepat hanya dengan satu kali menekan tombol shutter. Untuk memakai fitur continious shot ini, kamera harus memakai mode normal.

Kelebihan

Dual SIM

Layar lebar dan HD

Quadcore

Harga kelas menengah

Kekurangan

Masih memakai OS Jellybean (Android 4.2)

Fitur tambahan hanya sedikit

Kesimpulan

Jika dibanding dengan IMO Miracle yang dirilis pada kuartal kedua tahun lalu, jelas spesifikasi IMO Miracle 2 memiliki beberapa kelebihan seperti performa yang lebih baik akibat prosesor dan chipset yang lebih cepat, layar lebih luas yang dilengkapi dengan resolusi 4 kali lebih besar, serta resolusi kamera yang lebih tinggi. Tapi juga terdapat hal yang tidak berubah, yaitu penggunaan OS Android yang masih memakai versi Jellybean 4.2.

Baca juga artikel sebelumnya tentang review Nokia Lumia 630, yang pasti akan sangat bermanfaat bagi penggemar Smartphone Nokia

Advertisement
Spesifikasi IMO Miracle 2, Review Lengkap Baru | admin | 4.5